Thursday, 6 October 2011

BRIPTU MASRUL SYAH SANG "EVAKUATOR" SATBRIMOB POLDA SUMUT PADA KECELAKAAN PENERBANGAN PESAWAT CASSA C-212

Lahir di Desa Tandam Hulu Bandar kalipah Tembung 1982 tahun silam, Personil Sat Brimob Polda Sumut berpangkat Briptu ini mendapat Wing kehormatan dari Badan SAR Nasional (BASARNAS) yang disematkan oleh Kepala Kantor SAR Medan atas jerih payahnya sebagai salah satu orang pertama yang turun ke lokasi musibah pesawat jatuh Cassa C-212 di Bahorok beberapa hari yang lalu bersama salah satu personil dari Satuan Paskhas AU.

Bapak dari tiga anak ini mendapat perintah untuk melaksanakan "Vertical Rescue" dengan bantuan Helicopter milik TNI.


Setelah evakuasi korban kecelakaan pesawat Cassa 212-200, PK-TLF selesai, Seluruh awak pesawat sudah dievakuasi dan sebanyak 64 personel SAR gabungan sudah meninggalkan lokasi jatuhnya pesawat.

Briptu Masrul syah (Ba Subden Gegana Sat Brimob Polda Sumut) dan Serda Dian Iriansyah (
Anggota Kompi A/BS Paskhas TNI Angkatan Udara), merupakan dua personil yang diturunkan ke lokasi pada Jumat sore atau sehari setelah jatuhnya pesawat, mengisahkan kondisi di lapangan sebelum evakuasi dilakukan oleh tim yang besar.

Mereka turun ke lokasi menggunakan tali dari helikopter (Repling Hel).

Dihitung melalui GPS, jarak mereka hanya 303 meter dari pesawat. Namun keduanya baru tiba di lokasi pada Minggu atau dua hari setelah diturunkan.


Ini disebabkan dua personel harus melawati dua bukit terjal dan membuka jalan di areal hutan yang masih alami, untuk menuju bangkai pesawat. Apalagi, beban yang mereka bawa masing-masing mencapai 65 kilogram.

Diakuinya kondisi cuaca di kawasan hutan tersebut sangat dingin. Bahkan, Briptu Masrul dan Serda Dian terpaksa tidur di dalam kantong jenazah yang mereka bawa.







Biodata:
Nama: Masrul Syah
Pangkat: Briptu Nrp. 82090475
Jabatan: Ba Subden Gegana Sat Brimob Polda Sumut
Tempat Tgl lahir: Tandam Hulu 01 September 1982
Pendidikan Umum: SLTA
Pendidikan Kepolisian:
1. SETA POLRI Tahun 2002
2. DASTA Brimob Tahun 2002
3. SAG Bintara Tahun 2005
Pendidikan Kejuruan: DIKJUR SAR Th 2004
Hobby: Olah Raga
Penugasan: Ops Cinta Damai Aceh Tahun 2003 - 2004

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!