Monday, 7 January 2013

Pelatihan "WALPRI" dalam rangka menjelang Pemilukada Gubsu/wagubsu tahun 2013



Pemilihan Kepala Daerah di Provonsi Sumatera Utara Tahun 2013 diperkirakan  berpotensi rawan konflik, dikarenakan banyak calon yang mempunyai potensi sama dalam pengerahan massa, sehingga tidak menutup peluang orang atau kelompok orang yang berkeinginan untuk menjatuhkan bahkan sampai mencederai calon yang menjadi pesaingnya.

Guna mengantisipasi situasi dan kondisi tersebut diatas, serta mewujudkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan operasional yang optimal,  dalam rangka pengamanan pemilukada Sumatera Utara Tahun 2013, maka bagi personil yang akan melaksanakan tugas sebagai pengawal pribadi Cagub / Cawagub Sumatera Utara dalam rangka Pemilukada tahun 2013  perlu diadakan pelatihan terlebih dahulu.

Untuk itu Sat Brimob Polda Sumut  telah menyelenggarakan pelatihan  pengawal pribadi (Walpri) Cagub / Cawagub Sumatera Utara dalam rangka Pemilukada tahun 2013,  yang dilaksanakan pada tanggal 02 Januari   sampai dengan 04 januari 2013 silam.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 3 hari yang bertempat di Mako Sat Brimob Polda Sumut Jl. KH. Wahid Hasyim No. 3i Medan. Kegiatan pelatihan meliputi kemampuan Brigade Mobil dalam hal Tugas Fungsi dan peranan Brimob, Pengetahuan Per UU dan Perkap, Pengetahuan Intelijen, Pengetahuan Teror, Pengamanan VIP dan Etika Kepribadian.

Kegiatan pelatihan Walpri Cagub/Cawagub Tahun 2013 ini diikuti oleh peserta  yang berjumlah 29 Personil Brigadir Sat Brimob Polda Sumut yang terdiri dari masing-masing Kompi  di jajaran Batalyon A, B, C dan Batalyon Gegana Sat Brimob Polda Sumut. Serta dilatih oleh Instruktur Sat Brimob Polda Sumut yang dipimpin oleh Kasubsibinlat Sat Brimob Polda Sumut AKP H. Rokhmat, S.H, M.Hum, yang dibantu oleh kasubbagrenmin dan kasi Kesjas Satbrimob Polda Sumut.

Dalam kegiatan pelatihan ini, seluruh peserta melaksanakan test kesehatan (chek-up) dan kesamaptaan jasmani sebagai salah satu rangkaian seleksi bagi personil yang akan melaksanakan pelatihan. "seleksi ini sangat diperlukan untuk personil pelatihan guna memilih personil pengawal yang sehat lahir batin serta mempunyai ketahanan fisik serta terhindar dari penyalahgunaan Narkotika". demikian disampaikan kasi Kesjas Sat Brimob Polda Sumut AKP Kristian Sianturi, S.Sos. 


Dalam kegiatan ini Kasat Brimob Polda Sumut Kombes Pol. Setyo Boedi MH, S.H, M.Hum membuka secara resmi kegiatan Pelatihan, dalam arahannya Beliau menyampaikan Bahwa Pelayanan Pengawalan Pribadi dan Pengamanan VIP / VVIP memiliki program prioritas yang menginginkan  pengamanan  melekat dengan pengamanan ekstra serta menyesuaikan kebutuhan Pejabat yang dikawal , seperti pengawalan dan pengamanan khusus bagi Pejabat kepolisian, Pejabat Negara dan Pemerintahan, Tamu Negara dan bahkan perusahaan maupun instansi, dengan personil Pengamanan yang terlatih dan percaya diri, menggunakan senjata ataupun tanpa senjata yang mampu beroperasi dimana dan kapanpun mereka di tugaskan sesuai dengan perundang-ungangan dan mengacu kepada Prosedur tetap”. Tegasnya.
(tekkom)



1 comment:

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!