Sunday, 28 April 2013

SAT BRIMOB POLDA SUMUT MENGGELAR LATIHAN PRA OPS BKO POLDA PAPUA TAHUN 2013


Sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR / 200 / IV / 2013, tanggal 12 April 2013, tentang BKO Polda Papua, yang di Disposisiakan oleh  Kapolda / Wakapolda Sumut Nomor Agenda 1624, tanggal 12 April 2013, kepada Karo Ops Polda Sumut dan Kasat Brimob Polda Sumut tentang persiapan tugas BKO Polda Papua.

      Rencana Latihan Pra Ops BKO Polda Papua Tahun 2013 ini, akan dilaksanakan selama 6 ( enam ) hari, yaitu dari tanggal 22 sampai dengan 27 April 2013, bertempat di Makosat Brimob Polda Sumut dan di Pusat Latihan Sat Brimob Polda Sumut Martabe, Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang.

Dalam Latihan Pra Ops kali ini, melibatkan personil jajaran Sat Brimob Polda Sumut yang berjumlah 140 ( seratus empat puluh ) personil. Sementara instruktur / Pelatih dalam kegiatan Latihan Pra Ops BKO Polda Papua ini, dilatih oleh Tim Instruktur Gabungan dari Seksi Latihan Sat Brimob Polda Sumut dan Instruktur di masing - masing Detasemen .

Materi dalam Latihan Pra Ops BKO Polda Papua meliputi, Pembinaan Mental, Analisa Daerah Operasi (ADO), Penanganan Ancaman Bom (TPTKP Bom), TPTKP, Kemampuan Penanggulangan Kebakaran, Bencana Alam dan Unjuk Rasa, serta kegiatan Latihan Pam Obvitnas, Turjawali dan ditambah dengan Kemampuan Brimob yaitu Gerilya Anti Gerilya (GAG).

Upacara pembukaan Latihan Pra Ops ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Wisjnu Amat Sastro di Lapangan Makosat Brimob Polda Sumut  jl. KH. Wahid Hasyim Medan (22/4/13), yang dihadiri oleh seluruh pejabat utama jajaran Polda Sumut.

Dalam amanatnya, Kapolda Sumut menyampaikan bahwa “Sepanjang sejarah perjalanan sampai saat ini telah menjadikan jati diri Brimob Polri menjadi pasukan andalan Polri dalam menghadapi ancaman-ancaman yang berintensitas tinggi.”
“Berbagai penugasan yang ditugaskan kepada Satuan Brigade Mobil, baik yang bersifat tugas penanggulangan kejahatan, tugas pengamanan operasi penyelematan kemanusian , operasi keamanan dalam negeri dan operasi bantuan pertahanan kesemuanya mampu dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik.”

Ditambahkan Kapolda Sumut, “Hal ini dapat dicapai karena setiap prajurit Korps Brimob Polri memiliki semangat juang yang tinggi, mampu dan terampil dibidang tugasnya serta memliki kesamaptaan yang prima. Kali ini Satuan Brimob Polda Sumatera Utara mendapat kepercayaan dari pimpinan Polri untuk penugasan BKO ke Polda Papua.”
Bersama personil Sat 1 Gegana Korbrimob Polri dan personil Sat Brimob Polda Jabar dalam rangka pergantian tugas pengamanan PT. Freeport Indonesia.


Sebagai langkah awal untuk kesiapan pelaksanaan tugas tersebut, sebanyak 140 personil mengikuti pelatihan dimaksud yang diselenggarakan selama seminggu di Pusat Latihan Sat Brimob Polda Sumut Martabe, Pancur Batu Kab. Deli Serdang Sumatera Utara. Latihan pra ops ini dilakukan guna meningkatkan kesiapan fisik dan mental anggota Brimob yang akan bertugas BKO di Polda Papua. (tekkom)

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!