Tuesday, 30 April 2013

UPACARA TRADISI DI G. SIBAYAK: Dalam rangka Bintra Brigadir Remaja Sat Brimob Polda Sumut Tahun 2013


Orientasi merupakan masa pengenalan Brigadir baru terhadap lingkungan Sat Brimob Polda Sumut dan merupakan sarana pengenalan terhadap kegiatan – kegiatan yang ada di Sat Brimob Polda Sumut.
Latihan orientasi dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. Orientasi sebagai sarana perkenalan brigadir terhadap lingkungan baru di Sat Brimob Polda Sumut, baik itu perkenalan dengan sesama brigadir baru, senior, hingga unsur -  unsur Pimpinan di Sat Brimob Polda Sumut. Dalam rangka orientasi brigadir remaja baru,  maka Sat Brimob Polda Sumut telah melaksanakan Latihan Orientasi Brigadir Remaja Sat Brimob Polda Sumut Tahun  2013, dari tanggal 03 April 2013 sampai dengan 09 April 2013.

Dasar dari Kegiatan ini diantaranya Undang-undang Nomor  2  Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Keputusan Kapolri Nomor : Kep / 95 / II / 2013, tanggal 18 Pebruari 2013, tentang pengangkatan, penggajian dan penempatan pertama siswa lulusan Diktuk Brigadir Brimob T. A. 2012 / 2013. Serta Surat Kapusdik Brimob Nomor : B / 333 / II / 2013 / Pusdik Bm, tanggal    26 Pebruari 2013, tentang Penghadapan mantan siswa Diktuk Brigadir Brimob Polri    TA. 2012.

Sementara Kasat Brimob Polda Sumut mengeluarkan Surat Perintah Nomor : Sprin / 519 / III / 2013, tanggal 30 Maret 2013, tentang Kolat dan Instruktur pada Latihan Orientasi Brigadir Remaja Sat Brimob Polda Sumut Tahun 2013. Kegiatan Orientasi ini dilaksanakan selama 7 hari yaitu dari tanggal 03 sampai dengan 09 April 2013, bertempat di Lapangan Makosat Brimob Polda Sumut dan berbivak di Pusat Latihan Sat Brimob Polda Sumut Martabe, Pancur Batu serta dilanjutkan dengan kegiatan hiking ke Puncak Gunung Sibayak Kab. Tanah Karo.

Materi Kegiatan Latihan ini meliputi Pembinaan Mental, Pengetahuan Perundang – undangan, Karakteristik Kerawanan Daerah Sumatera Utara, Sejarah Brimob Sumatera Utara, wawasan dan pengenalan tentang Profil Satuan Brimob Polda Sumatera Utara serta Lambang – lambing Dhuaja dan Tunggul Sat Brimob Polda Sumut.
Materi kegiatan diisi juga dengan memberikan pengetahuan tentang Etika Profesi Brimob dan Jati Diri Brimob, Binrohtal / Ceramah Agama serta Latihan PBB / Perdaspol.


Sedangkan Latihan Pembinaan Kesamaptaan meliputi Olah Raga Pagi, kemampuan Cross Country, Mountainering, Bela diri Polri serta Pengenalan Senjata Api Organik. Mereka dibekali juga dengan Kemampuan Dasar  Tugas Satuan, diantaranya Kemampuan Resmob, PHH, Wanterror, Jibom, SAR dan GAG.

Peserta  Latihan Orientasi Brigadir Remaja Sat Brimob Polda Sumut Tahun  2013 ini sebanyak 100 personel brigadir remaja Sat Brimob Polda Sumut, yang dilatih oleh Tim Instruktur Sat Brimob Polda Sumut.


Saat Dansat Brimob Polda Sumut  Kombes Pol. Drs. Setyo Boedi MH, M.Hum melepas tanda peserta yang dilaksanakan di puncak G. Sibayak, beliau menyampaikan amanat "bahwa tujuan daripada Pembinaan Tradisi ini antara lain untuk memupuk rasa persaudaraan diantara peserta dengan seluruh personil di jajaran Satuan Brimob Polda Sumut, serta untuk mewujudkan kebanggaan dan jiwa korsa sebagai modal utama dalam memelihara solidaritas Satuan menjadi Bhayangkara Korps Brimob Polri."


Dansat Brimob Polda Sumut berpesan untuk senantiasa melatih diri, menjaga, memelihara dan mengembangkan kemampuan sebagai Pasukan Elite Polri, yang selalu mengedepankan motto pembinaan "Tiada hari tanpa latihan" serta moto pengabdian "Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan" dengan  mengemban motto Operasional "Sekali melangkah Pantang menyerah, Sekali tampil harus berhasil." Dan diharapkan juga  menjadi Bhayangkara Polri yang mampu memelihara sikap, watak, mental, prilaku dan pola pikir sebagai sosok Brimob Sejati di masa yang akan datang.
Setelah kegiatan Hiking menuju G. Sibayak, akhirnya Seluruh Pasukan kembali ke Makosat Brimob Polda Sumut dan dilanjutkan dengan kegiatan penutupan serta acara tepung tawar bagi seluruh personil Brigadir Remaja Sat Brimob Polda Sumut. Kemudian seluruh Brigadir remaja ini akan ditempatkan ke masing - masing Kompi sejajaran Detasemen Sat Brimob Polda Sumut.


Bhayangkara Sat Brimob Polda Sumut dengan tangguh menghadapi berbagai tantangan dan gangguan dalam ikut menciptakan ketentraman Masyarakat di wilayah Polda Sumut, serta senantiasa setia kepada Etika Polri yang sejalan dengan Makna Lambang Dhuaja Sat Brimob Polda Sumut "SATYA BAPRA KOSALA" (Benteng kokoh yang menghadirkan ketentraman dan kemakmuran).

(tekkom)


No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!