Wednesday, 22 January 2014

LATIHAN BINTRA SAT BRIMOB POLDA SUMUT TAHUN 2014

Sat Brimob Polda Sumut dalam upaya memenuhi jumlah kekurangan personel pada tingkat Bintara sebagai wujud regenerasi di kesatuan Brimob Polri, maka dalam bulan Januari 2014 ini Sat Brimob Polda Sumut mendapat tambahan sejumlah 229 Personel Bintara yang berasal dari Pusdik Brimob Watukosek dan 107 Personel Tamtama yang berasal dari Pusdik Lido Sukabumi serta 4 Personel Polwan dari Polda Sumut.

Penerimaan tambahan personel tersebut diatas merupakan target dari Kasat Brimob Polda Sumut  Kombes Pol. Ahmad Subarkah, Sik, M.H disamping untuk memenuhi DSP organisasi juga sebagai upaya persiapan dalam menghadapi pengamanan Pemilu 2014. Pelaksanaan pengamanan Pemilu / Pilpres Tahun 2014 merupakan tolak ukur keberhasilan Polri dalam menjaga stabilitas kemanan dalam negeri termasuk menjamin terwujudnya Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia dan adil.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka Satuan Brimob Polda Sumut melaksanakan kegiatan latihan Pembinaan Tradisi Korps Brimob jajaran Sat Brimob Polda Sumut yang diisi dengan kegiatan peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi Personel baru tersebut.
Kegiatan ini melibatkan Instruktur dan pembina sebanyak 75 personel dengan materi yang diajarkan terdiri dari : Perundang-undangan, Sejarah Brimob Sumut, KUHP, Analisa Daerah Operasi, Intel Dasar, Kode Etik Profesi Kepolisian, Navigasi Darat, Menembak, SAR, PHH, Wanteror, Ketangkasan Lapangan Brigade Mobil, Jibom dan Manouver (Puslat Martabe – Pantai Cermin).

Pelaksanaan latihan dilaksanakan selama 1 minggu yang dimulai pada tanggal 15 Januari 2014 dengan diawali Upacara Pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Makosat Brimob Polda Sumut pada pukul 08.00 Wib, dengan Inspektur Upacara Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Syarief Gunawan dan Komandan Upacara Kaden Gegana Sat Brimob Polda Sumut Kompol Junaidy, S.H, M.Hum serta dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Polda Sumut, para Kasi dan Kaden jajaran Sat Brimob Polda Sumut serta Bhayangkari Sat Brimob Polda Sumut. 


Dalam amanatnya, Kapolda menyampaikan bahwa pelatihan Bintra Korps Brimob bagi personel Inspektur, Brigadir dan Tamtama ini merupakan serangkaian proses sistem pembinaan Sat Brimob Polda Sumut, sehingga akan diperoleh Personel yang memiliki kemampuan tehnik dan taktik dalam rangka mengemban tugas serta tanggung jawab sebagai alat negara dalam penegakan hukum, pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat, pelatihan ini dipandang pula sebagai bagian dari penggelaran kemampuan Brigade Brimob Polri sebagai tolak ukur kemampuan yang telah diperoleh dari lembaga Pendidikan dan perlu dikembangkan kembali sehingga siap dioperasionalkan mengingat tantangan tugas Polri kedepan akan semakin kompleks, karena dihadapkan pada berbagai macam gangguan keamanan yang terjadi”.

Harapan yang akan dicapai dari hasil pelaksanaan latihan tersebut adalah pengenalan terhadap lingkungan tugas yang baru, penambahan kemampuan dan keterampilan masing-masing personel khususnya fungsi Brimob Polri, peningkatan disiplin, soliditas personel kepada satuan, loyalitas serta patuh kepada pimpinan, senior maupun sesama rekan di lingkungan Sat Brimob Polda Sumut,  sehingga mampu menjalankan tugas sebagai anggota Brimob Polri yang tangguh, profesional, proporsional dan tanggung jawab serta patuh hukum, humanis dan menjunjung tinggi HAM.


Usai pelaksanaan upacara, dilaksanakan Serpas dari Mako Sat Brimob menuju ke Puslat Sat Brimob Martabe di kec. Pancur Batu yang dipimpin oleh Kasubsibinlat AKP. M. Manulang sebagai Ketua Tim Instruktur Sat Brimob Polda Sumut dengan melaksanakan kegiatan Navigasi Darat (Navrat) yang dimulai dari 3 titik yaitu di Kebun Binatang Simalingkar Medan, Desa Durian Tonggal dan di Desa Durian Pitu menuju ke Lokasi Puslat Sat Brimob Martabe Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang Sumut.

Kegiatan di Puslat Sat Brimob Martabe dilaksanakan selama 4 hari meliputi latihan KLBM, GAG dan Menembak, kemudian di hari ke 5 dilanjutkan dengan Hiking dan Long March menuju Mako Subden 2A yang berkedudukan di Tanjung Morawa melintasi medan pegunungan, perkampungan dan jalan raya melalui rute yang telah ditentukan oleh Tim Instruktur yaitu melalui wilayah Deli Tua dan Patumbak.

Setibanya di Mako Subden 2A Tanjung Morawa, seluruh peserta melaksanakan kegiatan BOD dan berbivak di Lapangan Mako Subden 2 A Sat Brimob Polda Sumut yang diterima dan diawasi oleh Kasubden 2A AKP. Endra Budianto, S.H juga turut hadir pada malam itu Kaden A Sat Brimob Polda Sumut AKBP Adarma Sinaga, Sik, M.Hum yang meninjau langsung kegiatan Peserta Latihan.

Dan pada hari ke 6, seluruh peserta Latihan melaksanakan pergeseran pasukan menuju Bandara Kuala Namu dengan menggunakan Armada Truk Sat Brimob Polda Sumut yang di drop di pintu perlintasan pemukiman penduduk di daerah Pantai Labu sekitar Bandara Kuala Namu yaitu di jembatan Sungai Ular. Dari lokasi itu seluruh peserta kembali melaksanakan Long March menuju lokasi Pantai Cermin yang merupakan lokasi akhir dari kegiatan Manouver yang dilaksanakan oleh peserta Bintra Sat Brimob Polda Sumut tahun 2014.

Setibanya di lokasi Pantai Cermin, peserta melaksanakan kegiatan Gladi Upacara serta Konsolidasi Pasukan yang dipimpin langsung oleh Tim Instruktur. Selanjutnya kegiatan upacara penutupan dilaksanakan di tepi pantai yang ditutup oleh Kapolda Sumut serta diisi dengan Penyiraman Air Bunga oleh Irup kepada Perwakilan peserta Bintra yang terdiri dari Personel Inspektur, Brigadir Polwan, Brigadir Remaja dan Tamtama Remaja Sat Brimob Polda Sumut Tahun 2014.


Diakhir acara, Kapolda Sumut, Bupati Sergai serta pejabat dan undangan lainnya menyaksikan peragaan yang dilaksanakan oleh Personil Timsus Sat Brimob Polda Sumut yang dipimpin oleh IPTU Yanpitter Napitupulu, yaitu simulasi pembebasan sandera yang berlokasi di tengah laut (Jermal) dan pesisir pantai.




(Tekkom)

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!