Friday, 31 January 2014

Karateka Dojo Satbrimob menjuarai Kelas TNI-Polri Kejurda Inkanas Sumut Tahun 2014

Pengurus Daerah Instutut Karate-Do Nasional (Inkanas) Sumatera Utara menyiapkan karateka terbaiknya untuk menghadapi dua kejuaraan, yakni Silent Knight di Malaysia 14-16 Februari dan Kejurnas Inkanas di Jakarta pada April 2014. Mengenai hal itu maka Pengda Inkanas Sumut mengadakan Kejuaraan daerah antar Dojo se-Sumut ke-VIII yang telah dilaksanakan pada hari Jumat Tanggal 24 sampai dengan 26 Januari 2014 bertempat di GOR Gelanggang Remaja Jl. Adi Negoro Medan.

“Bahwa ada dua kejuaraan rutin yang akan kita ikuti, dan Inkanas Sumut hanya akan mengirim atlet-atlet terbaik hasil dari Kejurda ini, sehingga dapat terus meningkatkan prestasi,” kata Ketua Umum Inkanas Sumut, Umar Zunaidi Hasibuan, saat membuka Kejurda Inkanas Sumut ke-VIII/2014 di Gelanggang Remaja Medan, yang diikuti oleh 1.116 karateka. Beliau mengatakan, karateka-karateka terbaik di Kejurda itu nantinya akan mengikuti pemusatan latihan, sebelum akhirnya diberangkatkan ke dua event tersebut.

“Saya berharap akan lahir atlet-atlet wajah baru mewakili Inkanas Sumut untuk menghadapi kedua kejuaraan tersebut,” katanya. Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Khairul Anwar mengaku bangga dengan karateka Inkanas Sumut yang kerap mampu mengharumkan nama daerah dan bangsa di pentas nasional maupun internasional.

“Inkanas Sumut telah melahirkan atlet-atlet handal seperti Jintar Simanjuntak dan Tantri Widyasari. Keduanya telah membuat Sumatera Utara bangga karena mampu menyumbangkan medali emas bagi Merah Putih di ajang sekelas SEA Games,” katanya. Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut Agung Sunarno, menilai Inkanas Sumut patut menjadi contoh perguruan karate lainnya, karena sangat konsisten dalam melakukan pembinaan, termasuk rutin mengadakan Kejurda sebagai ajang evaluasi.

“Saya salut dengan antusiasme peserta dalam Kejurda ini yang mencapai 1.000 lebih peserta. Ini artinya pengembangan perguruan karate Inkanas berjalan baik, sehingga mampu membina banyak karateka di seluruh daerah di Sumut,” katanya.

Dalam kegiatan Kejurda ini ada beberapa Kelas yang dipertandingkan, mulai dari Kelas Usia Dini sampai dengan Kelas Senior serta Kelas TNI-POLRI. Sat Brimob Polda Sumut sebagai salah satu Instansi yang terlibat dalam kepanitiaan Kejurda ini mengirimkan juga Karateka – Karateka yang berasal dari Kompi dan Detasemen yang ada di Medan, diantaranya Bripka Ngadirun dari Detasemen-A dan Brigadir Sanjay dari Subden 3 Detasemen C yang berkedudukan di Medan, serta Bharada Frengky, Bharada Syamsudin Siregar dan Bharada Theo Billy, yang merupakan Personil Tamtama Remaja yang baru melaksanakan Bintra dan mempunyai latar belakang Beladiri Karate.


Karateka dari Sat Brimob yang menjuarai Kelas TNI-Polri diraih oleh Bripka Ngadirun yang berasal dari Detasemen A Sat Brimob Polda Sumut yang termasuk dalam Dojo Satbrimob Medan. Sedangkan juara dua diraih oleh Bripda Reza dari Dojo Sabhara Polda Sumut dan Juara tiga diraih oleh Biptu Sanjay yang merupakan personil Kompi 3 Detasemen C Sat Brimob Polda Sumut yang termasuk dalam Dojo Satbrimob Medan dan serda Sofyan dari Dojo Arhanudse.

Sementara Dojo yang menjadi Juara Umum dalam Kejurda kali ini diraih oleh Dojo Sei. Deli Medan. Ketua Umum Inkanas Sumut Bapak Umar Zunaidi mengajak karateka Inkanas Sumut berpacu dalam meningkatkan prestasi, sebab tingkatan sabuk akan tidak berarti jika tidak bisa menunjukkan prestasi. Karateka Inkanas Sumut juga diminta menjaga kepribadian dan mental, diantaranya dengan menghindarkan diri dari Narkoba dan menunjukan prilaku sopan santun di tengah kehidupan bermasyarakat.

Sementara, Ketua Umum KONI Sumut diwakili Agung Sunarno mengatakan Inkanas telah mampu mengukir prestasi membanggakan dengan keberhasilan atletnya menyumbangkan medali emas dalam arena SEA Games Myanmar maupun di SEA Games di Indonesia pada Tahun 2011 lalu.

"Digelarnya Kejurda ini merupakan gebrakan yang membanggakan dari Pengprov Inkanas Sumut di awal tahun 2014. Kita berharap melalui event yang berlangsung selama tiga hari akan lahir karateka yang dapat mengharumkan nama Sumut dalam event nasional dan internasional," sebut Agung.

Ketua Panpel M Ridwan menyebutkan kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari memperebutkan Piala Ketua Umum Inkanas Sumut, Piala Kasat Brimob Polda Sumut dan Piala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut.  "Kejuaraan yang diikuti 1.116 karateka ini berasal dari Seluruh Dojo Inkanas di berbagai kabupaten dan kota," papar M Ridwan.

Hadir dalam acara ini Ketua Koni Medan Drs Eddy Sibarani, beberapa pengurus forki Sumut dan para senior karateka Inkanas Sumut. 

(Tekkom)

2 comments:

  1. Salam Karateka Osh !!! Simpai, Dimana letak Dojo Harimau Sumut

    ReplyDelete
  2. Salam Karateka Osh !!! Simpai, Dimana letak Dojo Harimau Sumut ?

    ReplyDelete

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!