Monday, 2 March 2015

PENINGKATAN KEMAMPUAN INTEL SAT BRIMOB POLDA SUMUT TAHUN 2015




Sesuai perkembangan politik global dan demokrasi di dalam negeri serta bergulirnya reformasi telah membawa konsekuensi terhadap perubahan di bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan. Juga munculnya tuntutan masyarakat akan supremasi hukum, transparansi dan akuntabilitas yang berhubungan dengan kinerja Polri. Dalam menangani kejahatan yang berintensitas tinggi, salah satu fungsi yang dimiliki Brimob adalah Intel.

Pelatihan Brimob Polri dilaksanakan dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan setiap anggota Brimob Polri dalam menghadapi dan menangani setiap permasalahan yang terjadi khususnya intelijen. Bahwa pelaksanaan latihan di laksanakan berkaitan dengan Program Kerja dan Program peningkatan kemampuan Seksi Intel Satuan Brimob Polda Sumut guna menunjang tugas – tugas Satuan Brimob Polda Sumut Tahun 2015.

Dalam rangka meningkatkan Profesionalisme Polri sangat perlu melakukan pelatihan - pelatihan terhadap setiap anggota Brimob Polri secara terprogram, terarah, sistimatis dan berkelanjutan berdasarkan kebijakan dan strategi Kapolri, pada tanggal 23 Pebruari 2015, Sat Brimob Polda Sumut membuka pelatihan Peningkatan Kemampuan Fungsi Intel bagi Personil sejajaran Sat Brimob Polda Sumut yang dibuka oleh Wakasat Brimob AKBP Deni Dhariady, S.Ik di Makosat Brimob Polda Sumut Jl. KH. Wahid Hasyim No.3i Medan.

Pelatihan ini bertujuan sebagai wadah dalam menyamakan pola pikir dan pola tindak bagi personil Sat Brimob Polda Sumut yang bertugas di Intel, serta meningkatkan kemampuan anggota dibidang intelijen, agar dalam pelaksanaan tugas dilapangan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta menjunjung tinggi Hak Azasi Manusia, sehingga dapat memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat secara optimal.
Mensinergikan seluruh personil yang terlibat dalam intel menangani suatu kejadian secara bersama – sama untuk mencapai tujuan operasi yang telah ditetapkan.


Tujuan lain dari pelatihan ini yaitu untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak sesuai dengan peraturan hukum dan perundang - undangan yang berlaku untuk meningkatkan Profesionalisme, sehingga dapat berdaya guna dan efektif untuk mendukung dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Melalui Latihan Peningkatan Kemampuan Intel Sat Brimob Polda Sumut Tahun 2015 diharapkan mampu meningkatkan Profesionalisme dalam menangani kejahatan yang berintensitas tinggi bagi personil Sat Brimob Polda Sumut khususnya Seksi Intel.

Bahwa personil yang terlibat dalam Latihan Peningkatan Kemampuan Intel Sat Brimob Polda Sumut Tahun 2015, memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dan dapat mendukung pelaksanaan tugas di lapangan, selain itu memiliki persepsi yang sama dalam keilmuan dan kemampuan Intel untuk menangani kejahatan yang berintensitas tinggi.

Yang pada akhirnya dapat meningkatkan kerjasama antar fungsi terkait sehingga dalam menangani kejahatan yang berintensitas tinggi dapat dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat.

Tema yang diangkat dalam latihan ini adalah INTEL PROFESIONAL DENGAN  MENGEDEPANKAN HUKUM, PERUNDANG – UNDANGAN DAN HAK ASASI MANUSIA”.

Dengan kata lain, kegiatan latihan ini guna mencapai terwujudnya kesamaan visi, misi, pola pikir dan pola tindak bagi personil Sat Brimob Polda Sumut yang bertugas dalam rangka menangani kejahatan yang berintensitas tinggi.

Materi Pelatihan yang diberikan kepada peserta kali ini meliputi Kapita selekta perundang – undangan sebagai dasar Referensi dalam melakukan penindakan dilapangan, sementara materi khusus Pengetahuan Intel / Intel Dasar yang diberikan kepada peserta meliputi Tupoksi Intel ( Penyelidikan, Pengamanan dan Penggalangan ), didukung dengan kegiatan praktek serta simulasi tentang Teknik Penyelidikan Intel, Pam VIP, Teknik Interogasi, Analisa Daerah Operasi ( ADO ), Perkiraan Keadaan ( Kirka ) Intel, Alsus Intel dan  Menembak dengan metode serta sifat latihan secara parsial.

Kegiatan latihan bertempat di Mako Sat Brimob Polda Sumut Jl. KH. Wahid Hasyim Medan dan di Pusat Latihan Martabe Sat Brimob Polda Sumut Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang. Waktu latihan dilaksanakan selama 5 ( lima ) hari yang dilaksanakan dari tanggal 23 Pebruari 2015 sampai  dengan 27  Pebruari 2015.

Dalam penyelenggaraan latihan ini, Kasat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Nirboyo, S.ik sebagai Penanggung jawab latihan yang diketuai oleh Kasi Ops Sat Brimob Polda Sumut Kompol Syamsul Bahri dan Kompol Efianto, S.H sebagai Ketua Pelaksana Latihan,  Sementara Instruktur yang dilibatkan dalam latihan ini terdiri dari personil Perwira dan Brigadir instruktur Sat Brimob Polda Sumut sebanyak 17 orang. Dengan jumlah peserta latihan yang terdiri dari personil Perwira dan Brigadir Intel dari Subden / Kompi dan Detasemen / Yon se jajaran Sat Brimob Polda Sumut sebanyak 50 orang.

Kegiatan pelatihan ini dibuka dan ditutup oleh Wakasat Brimob Polda Sumut dan dihadiri oleh seluruh pejabat teras Sat Brimob Polda Sumut di Lapangan Tembak Puslat Sat Brimob Polda Sumut Martabe kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang dalam keadaan aman, lancar dan sukses.


(Tekkom)

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!