Wednesday, 23 March 2016

Simulasi SISPAMKOTA jajaran Den-A Pelopor Satbrimob Polda Sumut dengan Pemko Binjai

Detasemen-A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) untuk pertama kalinya di Kota Binjai.
Dalam amanat Pembukaan Simulasi tersebut, Kepala Detasemen-A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut AKBP Nugroho Tri Nuryanto, S.Ik, M.H  mengatakan, simulasi penanganan huru-hara ini akan digelar mulai hari Senin Tanggal 21 Maret hingga 24 Maret 2016.
"Simulasi sistem kota ini bertujuan melatih peningkatan kemampuan personil Detasemen-A dan melibatkan unsur terkait di Pemko Binjai seperti Polres Binjai, Satpol PP Kota Binjai, BPDB dan Pemerintah Kota Binjai".

Latihan gabungan ini, lanjut Kaden-A diharapkan akan memelihara dan meningkatkan kemampuan, serta dapat menjunjung tinggi moralitas dan taat aturan hukum bagi personel di lapangan dalam menjalankan tugasnya.

Latihan dan simulasi huru-hara (Kerusuhan Massal) gabungan ini direncanakan akan dibagi menjadi dua termin, yaitu dua hari dilaksanakan latihan partial di Mako Detasemen-A Binjai guna memberikan gambaran latihan, serta dua hari latihan simulasi di kantor Walikota Binjai.

Sementara dalam simulasi ini diskenariokan bahwa ratusan masyarakat yang berdemonstrasi di Kantor Walikota Binjai mengamuk menentang kebijakan Walikota Binjai. Karena aksi demonstran yang mulai anarkhis bahkan sulit dikendalikan, terpaksa Kapolres meminta bantuan Polda Sumut untuk memback up Personel Satpol PP dan Dalmas Polres serta menambah personel PHH dalam mengendalikan situasi yang semakin kian memanas. Apalagi terdengar selentingan ancaman demonstran yang menyatakan akan membakar Kantor Walikota Binjai.

Situasi baru bisa terkendali setelah pasukan dari Sat Brimobda Polda Sumut yang dibantu oleh Unit Damkar Pemko Binjai diterjunkan untuk menghalau massa. Setelah usaha demonstrans memasuki kantor Walikota Binjai terbentur barisan pasukan Dalmas dan PHH Brimob, pelan tapi pasti para pengunjukrasa mundur karena tidak kuasa menembus kokohnya pagar betis polisi dari Polres Binjai dan PHH Brimob dari Detasemen-A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut.

Awalnya semua tahapan berlangsung aman namun karena ada beberapa massa yang memprovokasi, maka menjadi kerawanan bahkan massa melakukan aksi pembakaran dan pengrusakan fasilitas umum, namun pasukan Subden Anti Anarkhis dari Detasemen-A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut dapat mengejar dan menangkap para pelaku yang dibantu oleh Unit PMI untuk mengevakuasi para pelaku yang sudah dilumpuhkan, sementara Unit Damkar Pemko Binjai melakukan Pemadaman pada fasilitas – fasilitas umum yang telah dibakar massa.



(Tekkom)

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!