Thursday, 29 December 2016

Pengamanan Tahun Baru 2017 dan Peragaan Sispamkota dalam Apel Gelar Pasukan TNI – Polri & Pemko Medan Tahun 2016



Dalam rangka pengamanan Tahun baru 2017, TNI bersama Polri dan Pemko Medan melaksanakan Apel Gelar Pasukan bersama dengan TNI dan Pemko Medan, Rabu (28/12/2016) di Lapangan Benteng Medan.

Apel Gelar Pasukan ini juga dilanjutkan dengan Gladi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dan Peragaan pengamanan VVIP yang diperankan oleh seluruh Pasukan gabungan TNI-Polri dan jajaran Pemko Medan, Penangggulangan Huru Hara (PHH) oleh jajaran Polda Sumut, Penanganan Teror diperankan oleh Pasukan Gultor Raider 100 dan Tim Wanteror Sat Brimob Polda Sumut serta Penjinakan Bom oleh Tim Gegana Sat Brimob Polda Sumut.

Pada kesempatan itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI L. Pusung  memimpin langsung jalannya apel Gelar Pasukan yang turut dihadiri oleh Asops Kapolri, Dankorbrimob Polri, Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, Wakapolda Sumut, Kasdam l/BB, Walikota Medan, Pejabat Utama Polda Sumut, Pejabat Utama Kodam I/BB, Kapolrestabes Medan beserta Pejabat Polrestabes Medan, Dandim Tabes Medan beserta seluruh Anggota TNI-Polri & Pemko Medan.

Sementara untuk Pasukan peserta diisi oleh TNI AD terdiri dari pasukan dari satuan Kodim, Rayder, Yonkav, Armed, Arhanud, Marinir, Paskas dan Polri terdiri dari pasukan Sat Brimob, Dit Sabhara, Polwan, Provoost, Intel, dan Reserse, sementara dari Pemko Medan diikuti oleh peserta apel dari Dishub, Satpol PP, Dinkes, para peraga untuk simulasi unjuk rasa.

Dalam amanatnya, Pangdam 1/BB menyampaikan bahwa apel kesiapan Pengamanan Tahun Baru 2017 adalah untuk menunjukkan kesiapan dan keseriusan TNI - Polri dan Pemko Medan dalam mengamankan proses pergantian tahun dengan aman dan damai. Usai apel gelar pasukan, selanjutnya diadakan simulasi Gladi Sispam Kota dan Peragaan Pengamanan VVIP. Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Loudewijk Pusung usai memimpin apel mengatakan kegiatan ini sebagai pertanggungjawaban oleh TNI - Polri kepada masyarakat karena TNI dan Polri dibiayai dengan uang rakyat.

“Ini adalah program terakhir pada tahun 2016. Kemudian pada konteks latihan ini, unsur pimpinan akan melanjutkan dengan Tactical Floor Game (TFG). Dalam suatu latihan gabungan bersama, mari kita tekan ego kita. Karena pasukan yang bermacam macam kendalanya adalah koordinasi. Mari kita koordinasi yang baik. Disana ada keterpaduan yang harus dipahami oleh masing masing anggota”. Jelasnya.

“Selamat berlatih, dan mari kita yakini pengamanan tahun baru 2017 ini akan berjalan dengan baik dan latihan peragaan sispam kota serta VVIP dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkas Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Loudewijk Pusung.

Kegiatan yang diikuti langsung oleh 4 Jenderal Bintang Dua ini, diantaranya Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Loudewijk Pusung, Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Dankorbrimob Polri Irjen Pol Murad Ismail, dan Asops Kapolri Irjen Pol Unggung Cahyono, hal ini yang membuat peserta kegiatan Simulasi menjadi semangat, saat apel gabungan berlangsung, empat jenderal tersebut melakukan pemeriksaan kesiapan personel yang berjumlah sekitar 5000 personil dari TNI – Polri dan Pemko Medan yang terlibat dalam latihan ini. Pangdam menegaskan, pasukan gabungan harus bisa berlatih secara sinergis dan terorganisir.

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!