Tuesday, 28 March 2017

Bantuan Kemanusiaan Sat Brimob Polda Sumut pada Bencana Alam di PASID






Akibat hujan deras dengan waktu yang cukup lama pada Minggu malam (26/3) mengakibatkan Sungai Batang Ayumi di Padang Sidempuan, Sumatera Utara meluap.



Ratusan rumah warga rusak akibat diterjang banjir bandang akibat meluapnya sungai tersebut. Kerusakan terparah berada di Kelurahan Batu Nadua Julu.



Sejumlah Alat Berat sudah diturunkan untuk membersihakan material longsor di kawasan pemukiman warga.



Tak hanya ratusan rumah rusak, banjir bandang juga mengakibatkan ratusan orang luka-luka dan lima orang meninggal dunia. Sebanyak tujuh belas rumah dan tujuh mobil dilaporkan hanyut terbawa derasnya banjir.



Para korban banjir bandang mengalami trauma dan meminta bantuan warga yang melintas di atas jembatan Sungai Batang Ayumi. Warga mengaku kehilangan seluruh harta benda dan mengharapkan bantuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan perbaikan tempat tinggal yang rusak.



sementara itu Jajaran Batalyon-C Satbrimob Polda Sumut bersama masyarakat di bawah pimpinan Kaden - C AKBP. BRAVO ASENA .S.M.SIAHAAN, ST melaksanakan giat evakuasi pencarian korban dan pembersihan kampung pasca bencana alam banjir bandang di pemko Padang Sidempuan.

Bantuan Kemanusian dari Kapolri dan Kapolda Sumut
Bencana yang menerpa Kota Padang Sidimpuan dan Kabupaten Madina benar-benar mengambil perhatian banyak pihak. Tak ketinggalan, Polri juga turut ambil bagian.
Seperti disebutkan Kabid Humas Poldasu, Kombes Rina Sari Ginting, sebagai respon dari kejadian itu, pihaknya melakukan kegiatan kemanusiaan dan tanggap darurat terkait bencana alam banjir di Padang Sidimpuan dan Madina.
“Pemberian bantuan dari Bapak Kapolri dalam Operasi Kemanusiaan Tanggap Darurat Korban Banjir di Kota Padang Sidimpuan dan Kab Mandailing Natal, Sumut, sudah dilakukan sejak Minggi dan Senin kemarin,” katanya.
Untuk Kota Padang Sidimpuan, secara bahu membahu, personil Polda Sumut, Polres Padang Sidimpuan dan Polres Tapsel telah melakukan sejumlah kegiatan berupa, pembuatan posko kemanusiaan, mengevakuasi korban meninggal dunia dan yang luka-luka akibat disapu banjir bandang.

“Personil yang diturunkan juga turut membantu membersihkan rumah penduduk yang menjadi korban, termasuk untuk lingkungan yang porak poranda,” sebutnya.

Di samping itu, petugas juga disiagakan melakukan pengamanan rumah-rumah yang ditinggal oleh penduduk korban banjir. “Kita juga melaksanakan PAM dan gatur lalin di sekitar lokasi terdampak banjir, Jelas Kabid Humas.



#Tekkominfo_BMSU

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!